Sabtu, 16 Maret 2013

Teknologi Canggih 2013


Teknologi Canggih Smartphone Tahun 2013






Ponsel pintar atau Smartphone saat ini sudah sangat cangih ditahun 2012 ini saja para produsen ponsel pintar sudah berlomba lomba menawarkan fitur fitur cangih dari ponsel pintar yang mereka mbuat. Persaingan di dunia teknologi ponsel pintar mungkin akan berlanjut di tahun 2013 nati dimana pasti akan lebih menawarkan fitur fitur yang lebih canggih lagi. Nah berikut ini ada beberapa teknologi canggih ponsel pintar di tahun 2012 seprti yang dikutip dari situs detik.com.

1. Layar fleksibel


Samsung diketahui sedang mengembangkan layar Amoled fleksibel. Ya, layar yang satu ini bisa ditekuk atau dilipat tanpa mengalami kerusakan.
Diperkirakan, layar fleksibel sudah bisa dipakai di smartphone dan tablet Samsung pada 2013. Informasi dari berbagai sumber, layar fleksibel tersebut telah memiliki nama resmi yakni Youm.
Berukuran 4,5 inch dan ketebalan 0,3 milimeter, Youm mengusung resolusi WVGA 800 x 480 Youm diharapkan akan melahirkan generasi baru desain gadget karena kelenturan dan ukurannya yang lebih tipis dan ringan dari layar konvensional.
Samsung bukan satu-satunya vendor yang mengembangkan layar semacam ini. Nokia pun sudah pernah memamerkan layar fleksibel di ajang Nokia World tahun lalu. LG, bahkan dikabarkan sudah memulai produksi massal.

2. Prosesor semakin gahar

Tahun 2012 ini, sudah lumayan banyak ponsel pintar mengusung prosesor quad core. Tahun mendatang, diperkirakan bukan hanya prosesor quad core saja yang diandalkan.
Samsung misalnya, disebut-sebut akan menyematkan prosesor 4+4 di Galaxy S IV. Galaxy S IV konon akan ditenagai oleh sepasang prosesor Cortex-A15 dan Cortex-A7 yang masing-masing prosesornya telah mengusung 4 core di dalamnya.
Samsung bukannya menggunakan dua buah CPU, melainkan menggabungkan kedua prosesor tersebut dalam satu chip atau SoC. Meski digabung dalam satu chip, kedua prosesor yang disematkan sebenarnya bekerja sendiri-sendiri sehingga belum dapat disebut sebagai prosesor 8 core.
Vendor lain pun diprediksi akan memperkuat prosesor di handsetnya untuk menarik minat konsumen.

3. Layar Definisi Tinggi

Belum lama ini, HTC bikin gebrakan dengan merilis Droid DNA. Ponsel Android ini adalah yang pertama hadir dengan layar nan cemerlang beresolusi definisi tinggi, 1920 x 1080 pixel.
Tahun 2013, diperkirakan layar definisi tinggi ini akan menjadi hal yang umum. Samsung misalnya dirumorkan memakai layar definisi tinggi ini di Galaxy S IV.
Kemudian, vendor asal China Lenovo juga dikabarkan mengembangkan perangkat ponsel dengan resolusi yang sama.
Sektor layar memang layak menjadi perhatian utama para vendor. Sebab semakin jernih layarnya, semakin bagus pula peluangnya menjadi yang terdepan.

4. Layar jumbo

Semakin lama, layar ponsel menunjukkan tren semakin besar. Diawali oleh Dell Streak dan dipopulerkan oleh Samsung Galaxy Note, perangkat yang disebut phablet ini diproyeksi makin populer di tahun mendatang.
Ya, kesuksesan Samsung dengan Galaxy Note tampaknya membuat vendor yang lain terpikat terhadap pasar ponsel jumbo. Galaxy Note II saja telah terjual 5 juta unit hanya dalam dua bulan pertama pemasarannya.
HTC Droid DNA misalnya, sudah bisa disebut phablet mengingat layarnya yang sudah mencapai 5 inch. Vendor lain yang diproyeksi merilis ponsel jumbo pada tahun mendatang adalah Sony.
Beberapa sumber menyatakan, handset dimaksud adalah Sony Xperia C650X Odin.Dugaan desain dan spesifikasi Xperia Odin telah muncul di internet. Layarnya sekitar 5 inch dengan reolusi 1080p.

5. Wireless Charging

Salah satu smartphone mainstream pertama yang memiliki teknologi wireless charging adalah Nokia Lumia 920. Dengan fitur baru ini, ponsel berbasis Windows Phone 8 tersebut dapat diisi ulang secara nirkabel.
Dengan fitur wireless charging ini, memungkinkan Anda mengisi baterai hanya dengan menempelkan ponsel ke aksesoris yang dijual terpisah. Sehingga tidak perlu mencolokkan handset untuk mengisi baterai.
Tahun 2013, diprediksi teknologi charging tanpa kabel ini semakin populer. Tidak hanya di ponsel saja namun juga di laptop.

1. Superman : Kemampuan melihat yang menembus dinding

[lihat.co.id] - Ialah kamera yang bernama Camero's Xaver 800, dilengkapi dengan radar gelombang mikro, memungkinkan untuk menembus dinding dan proyek pencitraan 3-D dari benda apa pun yang bersembunyi di balik dinding-dinding yang tebal sekalipun, mampu mencitrakan tembus dinding tua biasa, batu bata tanah liat, blok sinder bahkan struktur beton bertulang sekalipun, semuanya dapat ditembus Camero's Xaver 800.

Sama halnya dengan Superman, ternyata juga punya kryptonite atau kelemahannya, yakni penglihatan kamera ini tidak dapat menembus logam solid.
[lihat.co.id] - Selain kamera Xaver 800, yang tidak kalah populer adalah sinar X, dimana sering digunakan di seluruh bandara Internasional dunia dalam memeriksa kelengkapan dan isi koper dari calon penumpang pesawat terbang.

Ada jenis Sinar x genggam yang ditawarkan Fisik Optik Corporation yang disebut LEXID, yang dapat mengungkapkan selundupan tersembunyi di balik tembok, di mobil dan dalam wadah lain

2. Perekat ala Spiderman Pada Dinding
[lihat.co.id] - Para ilmuwan senantiasa mengembangkan perekat sintetis yang meniru cicak selama bertahun-tahun, dan penemuan tersebut kini berpotensi menjadi kenyataan, melalui metode baru yang menggunakan plastik untuk membuat struktur mikroskopis serupa.

 teknologi ini akan membantu robot dalam eksplorasi batas akhir pada medan dinding.hal ini masuk akal, mengingat prinsip yang sama pada alat perekat yang kini manusia telah terbiasa menggunakannya.

3. Kekuatan Otot kekar seperti Hulk
[lihat.co.id] - Disebut Berkley Bionics dan Lockheed Martin Human Universal Load Carrier (HULC) exoskeletons adalah contoh dari inovasi yang menyerupai kekuatan Super hero Hulk. HULC, melalui kaki titanium nya, mengubah otot pemakainya menjadi kuat di atas normal.

 Kaki titanium dipasang ke bingkai backpacklike dengan seperangkat unit yang memberikan tenaga melalui mikrokomputer on-board kecil.

Salah satu fitur HULC paling mengesankan adalah ia tidak memerlukan joystick atau mekanisme kontrol manual seperti remote control atau tombol-tombol pengontrol.
[lihat.co.id] - Perangkat ini dapat merasakan gerakan yang dimaksudkan operator, dan bereaksi sesuai keinginan, layakanya fungsi saraf yang menerima perintah dari otot-otot yang ingin bergerak.

4. Kemampuan cara menurunkan laju peluru seperti Neo, The Matrix
[lihat.co.id] - Bionic Body Armor, memang kemunculannya pada awal 2009. Namun bukan berarti saat ini tidak perlu pengembangan. Fungsinya untuk memberikan stimuliasi / reflek kejut kepada pemakainya yang pada waktu yang sama akan menyebabkan gerakan refleksif pemakainya dalam arah yang berlawanan dari sebuah laju proyektil yang mengancam.

Hebatnya, Smart armor inisedang dikembangkan dalam bentuk cairan pelindung tubuh. Satu versi menggunakan cairan magnetorheological (MFS), yang menebal bila terkena medan magnet, dan lainnya menggunakan cairan geser-penebalan (STFs), yang mengeras bila ada stimulasi atau disambar paksa oleh suatu objek yang mengancam pemakainya. Hebat bukan?

5. Kemampuan Memanipulasi Cuaca ala Storm (X-Men)
[lihat.co.id] - Bila Anda pernah mendengar Proyek besar yang bernama HAARP (High Frequency Active Auroral Research Program)< yang merupakan proyek yang dicurigai dalam mengembangkan sebuah senjata pamungkas berdasarkan konsep-konsep "mesin gempa bumi" Nikola Tesla.

Bahkan menurut sebagian kalangan, proyek ini bertanggung jawab terhadap beberapa kejadian gempa besar, seperti gempa bumi 7,8 skala Richter (SR) di Sichuan China 12 Mei 2008, gempa bumi 7,0 SR di Haiti 12 Januari 2010, dan gempa bumi 8,8 SR di Chile 27 Februari 2010.

Dalam beritanya disebutkan bahwa pemimpin Venezuela itu menuduh AS menyebabkan kehancuran di Haiti dengan menguji coba "senjata tektonik". Media massa Venezuela pun melaporkan bahwa gempa bumi ini mungkin terkait dengan proyek yang disebut HAARP ini, sebuah sistem yang dapat menghasilkan perubahan iklim yang tak terduga dan keras.

Selain itu, ada Juga :

1. Sixth Sense
Sixth sense merupakan teknologi tercanggih dalam dunia komputer. Dengan teknologi ini, Anda tidak memerlukan komputer atau notebook lagi. Komponen utamanya adalah proyektor penampil layar dan beberapa sensor yang ditempatkan pada jari. Gambar yang dihasilkan dari proyektor dapat digunakan sebagai layar sentuh. Anda dapat menulis, membaca, bermain game, dan mengambil gambar tanpa memerlukan perangkat yang berat.




2. Electric Eyes
Electric eyes diciptakan untuk membantu mereka para penyandang tuna netra yang ingin dapat melihat seperti manusia normal lainnya. Sensor yang ada pada alat ini berfungsi untuk menggantikan syaraf-syaraf mata yang selanjutnya dikirim menuju otak.



3. Ponsel Android
Sistem operasi android merupakan sistem operasi ponsel yang diciptakan oleh google. Saat ini pasaran ponsel pintar dikuasai oleh sistem operasi tangguh ini. Android diklaim sebagai sistem operasi dengan aplikasi terbanyak dibandingkan sistem operasi lama seperti java dan symbian. Google play merupakan pusat aplikasi yang berisi jutaan aplikasi gratis dan berbayar untuk android.

4. Robotic Exoskeleton
Robotic Exoskeleton merupakan salah satu inovasi terbesar abad ini. Robot ini berfungsi sebagai alat gerak yang membantu meringankan kerja tubuh kita. Biasanya robot ini dipakai oleh orang tua dan pasien yang tidak dapat berjalan. Robot ini akan mengikuti gerak tubuh kita karena sensor yang menemel pada rangka robot ini.

5. Littmann Electronic Stethoscope
Perangkat ini dirasa lebih mudah dan canggih dibandingkan dengan stetoskop manual. Gadget ini sama fungsinya dengan stetoskop pada umumnya. Namun dengan gagdet ini dokter dapat mendengar, merekam dan memutar ulang dengan suara yang dapat diatur.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar